Kunjungi BNPB, Pj Bupati Luwu Ajukan Permohonan Bantuan Stimulan
Komentar
Pemkab Luwu

Kunjungi BNPB, Pj Bupati Luwu Ajukan Permohonan Bantuan Stimulan

Komentar

Terkini, LuwuPenjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, M.Si melakukan kunjungan dan koordinasi di Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) mengenai penanganan darurat bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Kamis, 30 Mei 2024.

Pada kesempatannya Muh. Saleh yang diterima oleh Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Agus Riyanto yang juga sebagai Plt. Deputi Penanganan Darurat menyampaikan ucapan terima kasih dari Pemerintah Kabupaten Luwu dan masyarakat atas dukungan sumber daya dan material dari BNPB dalam rangka penanganan darurat bencana di Luwu.

“Bantuan yang diterima dari BNPB berupa logistik dan peralatan telah disalurkan kepada desa- desa yang terdampak,” ungkap Pj Bupati Luwu.

Disela sela kunjungannya Pj Bupati Luwu menyerahkan permohonan bantuan stimulan untuk perbaikan rumah yang rusak berat, sedang dan ringan serta permohonan bantuan Dana Tunggu Hunian bagi 131 masyarakat terdampak rumah rusak berat.

“Untuk sarana prasarana yang rusak, nntinya akan diusulkan untuk dilakukan perbaikan darurat setelah masa tanggap darurat berakhir pada tanggal 1 juni dan selanjutnya akan dilanjutkan ke masa transisi darurat ke pemulihan yang dimulai pada tanggal 2 juni sesuai penanganan dilapangan,” jelasnya.
Menurutnya hal ini dilakukan sehubungan masih perlunya dilakukan upaya-upaya penanganan dalam rangka pemulihan pascabencana banjir dan longsor yang terjadi sejak tanggal 3 Mei lalu.

Baca Juga

Sementara itu, Direktur DSDD Agus Riyanto yang didampingi kepala Biro Perencanaan BNPB Andi Eviana, dalam penerimaannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Luwu, masyarakat dan stakeholder terkait atas kerjasamanya dalam penanganan darurat bencana banjir dan tanah longsor.

Menurutnya penanganan dilapangan telah memperlihatkan peran masing-masing stakeholder telah berjalan dengan baik, walaupun masih ada terjadi mis komunikasi namun cepat terselesaikan.

“Hal tersebut telah menggambarkan penanganan bencana di kabupaten Luwu berjalan baik dan dilakukan secara kerjasama atau pentahelix,” pujinya.

Pj Bupati Luwu Muh. Saleh pada kesempatan tersebut didampingi oleh Kepala Pelaksana BPBD Andi Baso Tenriesa, sekretaris BPBD dan Kabag Umum Sekretarian Daerah Kabupaten Luwu.

Sumber: mediacenter.luwukab.go.id